Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Manfaat dan kekurangan BPJS

Kesehatan merupakan hal yang paling utama yang harus dijaga karena untuk beraktivitas kamu memerlukan kesehatan tubuh yang baik agar menjalani aktivitas dengan baik, namun tingginya aktivitas yang tidak dibarengi dengan pola hidup yang baik menyebabkan sering datangnya penyakit yang sama sekali tak terduga, untuk mengatasinya tentunya harus dilakukan pengobatan baik itu untuk penyakit ringan maupun berat, pengobatan tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit apalagi jika kamu mengalami penyakit yang cukup berat hingga harus melakukan rawat inap, maka dari itu persiapan untuk kejadian tak terduga ini salah satunya adalah dengan menyiapkan biaya dengan cara menabung, jika kamu merasa terlalu malas untuk menabung maka salah satu solusinya adalah dengan cara memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan akan membantu pembiayaan terutama pengobatan ketika kamu sakit, asuransi kesehatan sudah banyak tersedia dengan menawarkan beberapa penawaran seperti fasilitas pengobatan yang baik, pelayanan yang baik, dengan harga yang beragam mulai dari terjangkau hingga yang sangat mahal tergantung pada pelayanan yang diberikan. Tak hanya perusahaan asuransi swasta kini juga pemerintah menyediakan fasilitas asuransi kesehatan yang memungkinkan kamu mengontrol biaya pengobatan dengan biaya bulanan yang harus kamu keluarkan. Untuk memilikinya kamu harus mendaftar melalui online pada aplikasi mobile JKN jika kamu mendaftar BPJS perorangan, namun prosesnya akan berbeda jika kamu mendaftar BPJS pada suatu instansi. Cara daftar BPJS online untuk lengkapnya bisa disimak sebagai berikut
1. Lengkapi persyaratan
Sebelum mengakses aplikasi yang sudah kamu miliki, kamu harus memiliki nomor registrasi terlebih dahulu dengan membawa persyaratan seperti kartu keluarga, KTP, pas foto dan fotokopi buku tabungan, persyaratan ini bisa kamu bawa ke kantor BPJS untuk melakukan verifikasi data dan mendapatkan nomor registrasi, setelah itu baru kamu bisa mengakses aplikasi mobile JKN.

2. Lengkapi datanya
Untuk mendapatkan aplikasi mobile JKN kamu bisa mendownloadnya di appstore maupun playstore lalu kamu bisa memilih menu registrasi, setelah itu kamu bisa melengkapi data yang diperlukan seperti nomor registrasi yang sudah kamu dapatkan, nomor KTP, nama ibu kandung, email, nomor handphone, password, dan sebagainya. 

3. Verifikasi
Setelah itu kamu akan menapatkan link verifikasi pada email yang akan memastikan kebenaran data dan kamu akan login pada aplikasi.

BPJS memiliki banyak manfaat yang bisa kamu rasakan, beberapa diantaranya ialah biaya bulanan yang murah yang juga bisa kamu sesuaikan dengan kemampuanmu, selain itu jaminan dan tanggungan seumur hidup yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan BPJS, selain itu BPJS Tidak membuat pengecualian terhadap penyakit yang diderita. Namun ada beberapa kekurangan dari BPJS yaitu adanya sistem yang rumit yang mengharuskan adanya pemerisaan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan mendapatkan rujukan yang tentunya menghabiskan banyak waktu dan tenaga, selain itu BPJS memiliki kekurangan lain karena hanya berlaku di wilayah dalam negeri berbeda dengan beberapa asuransi swasta yang berlaku di berbagai belahan dunia, kekurangan yang terakhir ialah mengharuskan antri di setiap proses pengurusan BPJS mulai dari proses pendaftaran, perubahan data, bahkan ketika dilakukannya proses pengobatan di fasilitas-fasilitas kesehatan yang berkaitan dengan BPJS, namun walaupun banyaknya kekurangan yang diterima saat kamu berobat menggunakan BPJS seperti hal yang sudah disebutkan sebelumnya, namun banyak juga keuntungan yang kamu terima jika kamu menggunakan BPJS.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News