IBX5B7AAC72C70DE Ini Dia 7 Item Fashion yang Harus Ada di Lemari Kaum Muda - Serambi Bisnis

Ini Dia 7 Item Fashion yang Harus Ada di Lemari Kaum Muda

SerambiBisnis.com - Industri fashion untuk remaja jangan dianggap tidak besar. Masa transisi usia kanak-kanak ke dewasa ini juga punya peran penting menentukan arah fashion ke depannya.

Sejak era Perang Dunia II, gaya berpakaian kaum muda memiliki pengaruh kuat dalam perjalanan fashion di Amerika Utara dan Eropa. Suasana pascaperang menjadikan sektor anak muda menjadi krusial untuk bisnis industri busana.

Tren pakaian pun banyak diadopsi dari anak muda. Dan setiap tahun muncul kecenderungan fashion yang sedang mereka gemari.

Tahun ini misalnya, nerd looks atau geek looks tengah jadi sorotan. Mereka bisa memadukan gaya prep school tetapi tetap edgy atau chic sesuai karakter masing-masing. Rok tartar, kemeja flanel, overall denim, hingga aksesori seperti tas ransel (backpack) serta kacamata bingkai tipis dan bundar.

Analis periset Madelyn Franz mengungkapkan, pasar remaja saat ini sangat menantang bagi pebisnis fashion. Mereka rata-rata pembeli yang cerdas, trendi, dan sadar harga. Mereka punya ekspektasi yang tinggi untuk merek pakaian, mencari variasi gaya dan ukuran, juga rewel mengenai imaji sebuah merek.

Meski demikian, bujet belanja mereka masih terbatas, dan sudah memiliki kebijaksanaan sendiri untuk tidak membelanjakan seluruh uangnya pada produk fashion. Oleh karena itu, penawaran harga menarik dianggap salah satu upaya yang jitu. Untuk tahu apa yang mereka mau, penyedia barang fashion harus mengenal dan berinteraksi dengan mereka lewat media sosial. 

Lantas, mengapa anak muda begitu peduli dengan fashion? Dilansir dari leaf.tv, ada enam alasan mengapa remaja lebih memperhatikan penampilannya.

Pertama, untuk membuat pernnyataan (statement) kepada dunia apa yang mereka pikirkan, yang mereka putuskan, dan seperti apa selera mereka. Fashion juga dianggap sebagai perpanjangan identitas dalam kelompok remaja itu. 

Di kalangan usia yang tengah transisi itu, fashion juga kerap jadi instrumen untuk menarik perhatian. Bisa untuk meraih perhatian lawan jenis atau komunitas mereka. Bisa juga menjadi penanda pembangkangan.

Bahkan, pengaruh tekanan dari teman sebaya (peer pressure) juga begitu kuat sehingga berpengaruh terhadap pemilihan remaja untuk penampilannya. Terakhir, dampak selebritas yang menemani hari-hari remaja dan menjadi panutan mereka termasuk gaya berpakaian.

Dikutip dari laman Stay Trendy, berikut beberapa barang atau item fashion yang harus ada di lemari kaum remaja saat ini mengacu pada street style anak muda di Amerika dan Eropa.

Pertama adalah sepatu sneakers. Selain tepat dikenakan ke sekolah, sepatu jenis ini juga mudah dipadupadankan dengan gaya pakaian apa pun termasuk busana cantik.

Untuk dress, bahan mengilat dan glossy juga tengah jadi perbincangan hangat di kalangan remaja. Mereka biasa mengenakannya untuk acara semiformal seperti pesta prom atau acara ulang tahun teman.

Gaya longgar juga masih digandrungi remaja seperti mengenakan sweater bulky atau jeans gombrong. Di lini aksesori, pemakaian topi juga jadi tren, terutama topi bertepi lebar. Manis dikenakan saat jalan-jalan kasual atau dibawa menjelajahi kota saat city stroll, bahkan cocok dibawa ke pantai.

Tren fashion remaja kali ini banyak mengambil warna musim panas seperti emerald (zamrud), mustard, light pink, burgundy, orange, dan sky blue. Material bermotif pun masih disukai, antara lain bentuk geometris juga floral prints.

Ragam outer kembali marak. Selain cardigan panjang, cropped jacket banyak dikenakan anak ABG. Jangan lupakan fashion denim yang memang tak pernah mati. Mereka memadukan overall denim dengan fitted t-shirt, sneakers, dan bucket hat untuk hangout bersama kelompok atau komunitas.

Untuk varian bawahan di kalangan gadis belia, item rok sangat digemari. Mereka tampil stylish dengan rok tartar, rok tutu, juga pleated skint yang jadi ciri khas fashion 1980-an.

Flanel
Kemeja flanel tengah jadi sorotan akhir-akhir ini. Di ranah selebritas dunia, Taylor Swift, Bella Hadid, Ariana Grande, pernah tampil dengan kemeja flanel dan modifikasinya. Di tanah air, solois Andien atau model dan aktris Asmara Abigail pun memadukan kemeja flanelnya dengan penuh gaya.

Situs Seventeen mengulas bagaimana remaja bisa tampil chic dan trendi dengan kemeja flanel. Di antaranya, memadukan dengan warna khaki, kenakan bersamaan dengan jeans model longgar seperti mom jeans atau bootcut, jadikan outer kemudian ikat di pinggang atau lepaskan kancing bawah dan ikat menjadi cropped top.

Kemeja flanel termasuk barang fashion yang tak lekang waktu. Segera bongkar lemari Anda dan  ajak main kemeja flanel yang sudah lama tidak melihat matahari. [Eva Fahas/PRM/15092019]

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata