Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Memperkuat Rasa Makanan dengan Bahan-bahan Berikut

Ketika makan, kita tentu suka makanan yang punya rasa kuat dan lezat. Untuk meningkatkan kelezatan masakan, biasanya akan digunakan penguat rasa baik alami ataupun buatan. Tapi, tahukah Anda apa saja bahan-bahan yang bisa memperkuat rasa makanan? Inilah beberapa diantaranya:

Kaldu Ayam
Saat membuat makanan dengan campuran ayam didalamnya, tidak lengkap rasanya jika tidak menggunakan kaldu ayam. Kaldu ayam bisa membuat rasa ayam jadi semakin kuat dan lezat saat dimakan. Anda bisa menambahkan kaldu ayam pada makanan seperti sup, tumis atau bahkan saus sekalipun. Tidak hanya dalam bentuk instan, Anda juga bisa membuat sendiri kaldu ayam dan menyimpannya di dalam freezer jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Bawang
Bagi orang Indonesia, tidak lengkap rasanya jika tidak mencampurkan bawang di setiap menu masakan yang akan dibuat. Bawang memiliki aroma yang lezat saat ditumis dan bisa membuat siapapun berselara untuk makan. Anda bisa menggunakan bawang merah, putih ataupun bombay untuk dimasukkan ke dalam masakan. Sesuaikan jenis dan takaran dengan makanan yang sedang dibuat agar rasa yang didapat bisa semakin sedap.

Jeruk
Untuk membuat makanan yang sedap, ada beragam rasa yang bisa Anda perkuat dalam sebuah menu masakan. Salah satunya yakni rasa asam agar makanan terasa semakin segar. 

Rasa asam pada masakan bisa diperkuat dengan menggunakan jeruk nipis atau lemon didalamnya. Biasanya, jeruk ditambahkan setelah makanan selesai dibuat atau saat akan disajikan agar bisa disesuaikan dengan keinginan. Sehingga, akan didapat rasa asam yang pas dan makanan pun akan terasa semakin segar.

Mustard
Jika 3 bahan diatas biasa digunakan untuk memperkuat rasa masakan dalam negeri, ada juga penguat rasa yang cocok untuk makanan luar yakni Mustard. Mustard merupakan bumbu khas dari Eropa yang berasal dari olahan biji tanaman sawi yang dihaluskan. Mustard cocok untuk memperkuat rasa pada hidangan daging dan punya beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Itulah 4 penguat rasa yang makanan yang bisa Anda tambahkan ke dalam makanan. Mau mencari penguat rasa untuk produksi makanan skala besar? Markaindo Selaras bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki beragam produk pengolahan makanan pilihan dengan kualitas terbaik.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News