Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Latih Lima "Skill" Ini Hadapi Era Industri 4.0

SerambiBisnis.com - Era industri 4.0 akan mengubah cara kerja manusia di masa depan. Penggunaan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan manusia akan semakin digalakkan. Menurut para pakar, era tersebut bakal terealisasi pada tahun 2020 mendatang. Pada era industri 4.0, pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia, akan diambil alih oleh robot atau teknologi pintar lainnya. 

Untuk itu, bagi Anda para mahasiswa perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menyambut era tersebut Yuk, simak lima skill yang harus kalian asah sedari dini dilansir dari educenter.id di bawah ini.

Kemampuan berpikir kritis
Selagi Anda memiliki waktu untuk menggali ilmu di kampus, yuk terus asah kemampuan untuk berpikir kritis. Di era industri 4.0, keterampilan ini akan sangat dibutuhkan. Dalam berpikir kritis, Anda dituntut untuk bisa menentukan strategi dalam meraih hasil yang baik. Selain itu Anda juga harus membangun pola pikir yang matang dalam menentukan tujuan dan orientasi sasaran. Kemampuan ini tentu tidak hadir begitu saja, tanpa melalui latihan yang terus-menerus. Maka, segera bekali diri Anda dengan kemampuan berpikir kritis.

Menjadi lebih kreatif
Kehadiran era industri 4.0 tak lagi jadi isapan jempol. Munculnya teknologi, seperti kecerdasan buatan atau artificial intelligence, jadi faktor yang dianggap sebagai pendongkrak lahimya era tersebut. Penggunaan robot di berbagai industri manufaktur juga dinilai lebih efisien.

Peningkatan sistem komputasi dan teknologi robotik tentunya akan menggeser peran manusia dalam berbagai sektor industri. Untuk bisa meningkatkan daya saing Anda, sangat penting untuk mengasah kreativitas. Dengan kemampuan tersebut Anda dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Selain itu, kemampuan tersebut juga akan mendorong Anda untuk lebih aktif dalam berinovasi.

Menyelesaikan masalah yang kompleks
Dalam bahasa Inggris, kemampuan ini disebut complex problem solving. Dalam menyambut hadirnya era industri 4.0, Anda akan dituntut untuk bisa memberi solusi yang efektif dan tepat saat menghadapi suatu masalah. Kemampuan yang perlu Anda kembangkan adalah menentukan penyebab utama masalah, mengidentiftkasi masalah, dan menentukan berbagai solusi, serta mengambil tindakan dalam menyelesaikan isu tersebut.

Keterampilan ini begitu kompleks dan butuh banyak latihan untuk benar-benar menguasainya. Mengikuti kelas-kelas yang mengangkat tema entrepreneur atau pengembangan kepribadian bisa jadi solusi dalam mengasah keterampilan tersebut.

Manajemen tim
Karena yang akan Anda hadapi adalah teknologi pintar, maka jadilah lebih pintar dari itu. Yuk, kembangkan keterampilan manajemen tim yang baik! Dalam keterampilan ini, Anda perlu mengasah insting untuk bisa memimpin, mengorganisasikan, dan memanfaatkan SDM yang ada di tim. Anda bisa mulai mengasah keterampilan ini dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan di kampus. Pun, jangan pernah ragu untuk mengikuti program pelatihan kewirausahaan yang diadakan kampus Anda. Karena dari situlah, Anda bisa mengembangkan keterampilan manajemen tim yang baik dan solid.

Kemampuan bernegosiasi
Keterampilan ini bisa dibilang cukup rumit. Pada beberapa orang, keterampilan itu muncul secara alamiah, yang sebagian besar dipengaruhi oleh lingkungan tempat mereka dibesarkan. Namun, jika Anda merasa lemah dalam aspek negosiasi, ada banyak cara untuk melatihnya. Mengikuti kelas-kelas pengembangan kepribadian bisa jadi solusi tepat untuk mengembangkannya. Keterampilan bernegosiasi penting untuk dikuasai, terutama untuk bisa meraih hasil yang diharapkan. Dalam aspek usaha, orang yang pandai bernegosiasi juga lebih cepat menanjak bisnisnya.

Era industri 4.0 akan segera tiba! Yuk para mahasiswa, persiapkan diri Anda dalam menghadapi derasnya arus informasi dan canggihnya teknologi. Semoga tips di atas juga bisa memberi Anda tambahan wawasan tentang keterampilan apa saja yang sebaiknya diasah.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News