Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Cara Cermat Membangun Bisnis Startup

SerambiBisnis.com - Bagi yang belum pemah berbisnis, untuk memulai sebuah bisnis tentu masih meraba-raba langkah apa yang akan dilakukan. Mendapatkan arahan dari praktisi yang telah berpengalaman merupakan salah satu cara yang tepat untuk memulai bisnis. iLik sAs, dari Jaringan Rumah Usaha (JRU) membagi tips bagaimana cara membangun bisnis startup.

iLik sAs yang telah lama membangun bisnis yang berbasis komunitas tampak sangat mengusai masalah kewirausahaan. Berbagai bisnis dan jaringan yang telah berhasil dia bangun menjadi pengalaman berharga yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Dalam dunia bisnis di Indonesia startup merupakan sesuatu yang bisa dibilang baru. Startup yang diasosiasikan dengan bisnis baru terdengar pada pertengahan 2000-an, seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Perkembangan startup memang tidak bisa lepas dari tren bisnis di luar negeri. Bisnis yang berhubungan dengan teknologi memang berkembang sangat pesat mengikuti kebutuhan pasar.

Melihat fenomena tersebut iLik sAs yang juga telah berpengalaman dalam bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi menilai, ini membuka banyak peluang baru untuk dunia kewirausahaan. Pertumbuhan bisnis startup adalah sesuatu yang positif, tetapi yang harus digarisbawahi adalah bagaimana bisnis tersebut akan bertahan selanjutnya. Itu adalah konteks kewirausahaan.

Untuk memberi contoh nyata, iLik sAs mengupas salah satu startup nasional. Startup yang diulas ini menawarkan aplikasi lengkap dunia pariwisata di Indonesia. Menurut iLik untuk bisa bertahan startup harus memiliki kemampuan finansial. Yang tidak kalah penting adalah bagaimana startup mampu mempercepat monetisasi konsep mereka.

Membangun startup memang sama dengan membangun bisnis lain. Dengan modal awal yang dikeluarkan, tentu startup membutuhkan penghasilan untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Bisnis startup ataupun bisnis hari ini sangat berkait dengan kecepatan, siapa cepat dia dapat.

Saat ini menurut iLik, cukup mudah untuk menjadi wirausahawan dengan mengandalkan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki. Caranya cukup dengan mencari di Google apa yang ingin dijual. Mesin pencari akan menunjukkan "marketplace" sesuai dengan kompetensi yang akan ditawarkan.

Kemampuan ilustrasi, animasi, musik, desain, fotografi dan berbagai kemampuan lain, sekarang ini mudah untuk mendatangkan penghasilan. Kita bisa menawarkannya di marketplace yang memiliki pasar seluruh dunia, seperti di situs 123rf.com dan berbagai situs lainnya. Dari sini jika sukses bisa mendapatkan klien dari berbagai negara.

Yang tidak kalah penting dalam berbisnis adalah membangun mentalitas. iLik menekankan untuk terjun di dunia wirausaha tidak hanya mengandalkan kecerdasan saja. Membangun bisnis juga harus dengan kemartabatan yang membutuhkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

Ketiga kecerdasan tersebut kemudian dibalut dalam suatu pemahaman terhadap kecerdasan kedaya-tahanan. Jika kita tidak sanggup menyajkan keseimbangan atas berbagai kecerdasan itu, perangkap kapitalisme dan keserakahan pribadi bisa dengan gampang mendekati kita.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News