Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

5 Jenis Tenda yang Paling Banyak Dicari di Tempat Jual Tenda

Saat ini tidak sedikit orang mencari tenda untuk keperluan aktivitas alam, baik itu untuk mendukung hobi ataupun untuk kebutuhan formal seperti sekolah, kantor/perusahaan dan tuntutan jenis pekerjaan. Selain itu banyak orang yang mencari tenda hanya untuk tujuan seru-seruan yang dipasang di halaman rumah. Pada intinya, banyak orang akan memerlukan tenda sebagai tempat bernaung di alam bebas. Tidak heran jika kini banyak orang jual tenda untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Sejak Zaman Besi manusia telah mulai mengenal tenda. Tenda tradisional sudah digunakan oleh orang-orang di berbagai belahan dunia, seperti penduduk asli Tibet, Turki, Mongolia, Amerika, dan Badui. Sebagian besar tenda-tenda tradisional tersebut mempergunakan bahan dari kulit binatang seperti halnya tenda yang dipakai oleh para tentara Romawi di zaman dulu dimana desain dari tenda tersebut menjadi cikal bakal bentuk tenda saat ini. Bentuk dan gaya tenda tradisional pada beberapa penduduk asli di belahan dunia memang berbeda, tetapi bila dicermati mempunyai sebuah persamaan yakni pada bagian atasnya mengerucut atau mengecil.

Kita memang memerlukan tenda untuk menunjang kegiatan out door. Ada berbagai jenis tenda yang dapat digunakan. Berikut ini adalah 5 jenis tenda yang paling sering dicari banyak orang untuk kegiatan alam/out door.

1. Tenda Camping
Tenda camping adalah tenda yang umum digunakan anak sekolah atau kelompok pecinta alam untuk survive di alam bebas. Aktivitas camping adalah kegiatan yang mempunyai inti edukasi dan penggemblengan karakter mental untuk lebih menyukai alam seperti kegiatan pramuka, ada pendidikan tertentu untuk membangun tenda camping secara benar.

2. Tenda Dome
Tenda dome adalah jenis tenda yang digunakan untuk camping tetapi berbentuk lingkaran, unik, dan umumnya terbuat dari bahan berkualitas. Jenis bahannya umumnya dari parachute nylon dan tiang penyangganya dari fiber frame. Tenda ini pun dilengkapi dengan cyber tent atau lapisan luar yang bersifat water proof (tahan air).

Tenda dome pun dapat dibuat hanya untuk satu orang saja. Tenda dome memiliki ukuran amat beragam yang dapat dipakai untuk perorangan maupun beregu. Bahkan tersedia pula yang dapat menampung untuk banyak orang.

3. Tenda Anak
Tenda anak adalah tenda yang berukuran kecil atau disesuaikan dengan kebutuhan anak. Tenda anak umumnya dirancang sangat lucu dan diproduksi dengan warna-warna yang terang. Tenda anak pun dilengkapi dengan beragam permainan yang dapat dipakai untuk ajang bermain.

Tenda anak pun pada umumnya ditempeli dengan beberapa gambar kartun atau motif dari tokoh-tokoh (figur) anak-anak. Pada dasarnya, tenda yang dipakai untuk anak umumnya memang memiliki nilai lucu dan enak bila dilihat.

4. Tenda Pramuka
Tenda pramuka (tenda pleton) adalah tenda camping yang digunakan untuk kegiatan kemah anggota pramuka. Desain tenda pramuka ini umumnya lebih standar dan sulit sekali bila dilakukan oleh 1 anggota saja, melainkan memerlukan tenaga anggota kelompok pramuka lainnya (regu) untuk mendirikannya.

Tenda pramuka pun merupakan tenda yang bisa menampung seluruh anggota personil (regu) dalam satu tempat. Tenda pramuka mempunyai ukuran yang relatif luas, malahan dapat dipakai untuk satu pleton anggota sehingga tenda ini umumnya dikenal dengan sebutan tenda pleton.

5. Tenda Sarnafil
Tenda sarnafil adalah tenda yang lazim dipakai untuk media promosi, bazaar, dan event. Umumnya berbentuk kerucut dengan empat bagian dinding terpal yang mudah dibuka tutup. Pemakaian tenda sarnafil umumnya untuk aktivitas yang berbau-bau seminar, promosi ataupun kegiatan expo (pameran).

Ukuran tenda sarnafil sangatlah beragam dan umumnya disesuaikan dengan kebutuhan atau permintaan si pembeli (konsumen). Tenda sarnafil ini biasanya terbuat dari bahan yang kuat yakni bahan tarpaulin yang tidak dapat dirembes air sehingga tidak cepat rusak ketika tersengat paparan cahaya matahari dan lain sebagainya.

Apabila Anda masih bingung untuk memilih produsen atau pabrik produksi terpal tenda yang dapat dipercaya, Anda bisa mengunjungi website http://tenda-terpal.com/. Ini adalah perusahaan pabrik produksi tenda terpal terlengkap di Indonesia dengan kualitas produk terbaik yang melayani customer di seluruh Indonesia dan internasional. Situs tenda terpal Amar Jaya menjual berbagai jenis tenda dari tenda anak, keluarga, pramuka hingga tenda sangat besar untuk kegiatan sosial dan promosi dengan harga bersaing namun berkualitas unggulan. 

Anda seorang aktivis di kegiatan pramuka, pecinta alam maupun kegiatan sosial? Berarti saat ini Anda tengah memerlukan tenda yang punya kualitas tinggi dari Tenda Terpal Amar jaya.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News