IBX5B7AAC72C70DE Pentingnya Kemasan Bagi Keberhasilan Sebuah Produk Dalam Pemasaran - Serambi Bisnis

Pentingnya Kemasan Bagi Keberhasilan Sebuah Produk Dalam Pemasaran

Kemasan merupakan bagian paling luar yang membungkus sebuah produk bertujuan untuk melindungi produk dari benturan-benturan dan guncangan terhadap benda lainnya serta cuaca. Tiap-tiap bentuk barang yang membungkus sebuah benda didalamnya bisa dikatakan kemasan (packaging) sejauh hal itu benar-benar menjaga isinya.

Untuk menghadirkan kesan dan perspektif pada sebuah isi produk, maka kemasan umumnya didesain atau dibentuk sedemikian rupa sehingga pesan yang ingin disampaikan akan bisa ditangkap oleh konsumen/pengguna produk secara baik. Disamping untuk menyajikan pandangan yang baik, kemasan pun mempunyai fungsi yang banyak ragamnya.

Fungsi paling utama dari kemasan ialah untuk mewadahi dan menjaga produk terhadap berbagai kerusakan sehingga lebih gampang saat disimpan, diangkut, serta dipasarkan. Kemasan (pembungkus) sebuah produk menjadi hal yang amat penting, tidak cuma sebagai sarana untuk melindungi/menjaga produk, tetapi bisa memberikan point plus pada produk yang dipasarkan. Pembungkus belum dipahami dengan baik oleh pelaku usaha kecil. Mereka cuma mengandalkan produk itu sendiri daripada kemasannya.

Manfaat penting dari sebuah kemasan yakni menjaga produk terhadap pengaruh luar, terutama kerusakan. Tetapi di sisi lain ternyata kemasan pun mesti mampu menjual produk yang dijaganya. Dengan lain kata bahwa kemasan bisa menyebabkan orang yang melihat kemasan tersebut menjadi tertarik untuk membelinya. Oleh karena itu kemasan mesti mempunyai bentuk yang sederhana, daya tarik, fungsional dan menimbulkan tanggapan emosional positif yang secara tak langsung menyatakan “belilah saya.” Kemasan mesti bisa menarik perhatian secara rasional, emosional, dan visual.

Percaya atau tidak, kemasan suatu produk adalah salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah penjualan atau minat konsumen pada produk itu. Sebagian besar pengusaha, khususnya pelaku usaha kecil menengah di luar sana menganggap kalau kualitas suatu produk dan teknik pemasaran jauh lebih dipentingkan guna menaikkan penjualan ketimbang fokus terhadap kemasan produk. 

Padahal unsur-unsur yang memberi pengaruh pada penjualan produk seperti pemasaran, pelayanan, kualitas produk, dan kemasan juga saling menunjang satu sama lainnya. Alhasil, belum tentu pula bila produk memiliki kualitas bagus, maka peminatnya akan banyak, kecuali jika konsumen itu memang memerlukannya. Kemasan produk inilah yang barangkali harus Anda pikirkan sebagai bagian dari strategi marketing.

Pembungkus sangat berhubungan erat dengan branding. Branding itu sendiri adalah cara untuk memperkenalkan produk pada pemakai atau konsumen. Bila sekarang Anda sudah mempunyai desain untuk kemasan produk Anda, kini saatnya mulai memikirkan dan memperhatikan cara pengemasan produk Anda. Pasalnya desain kemasan yang baik akan terasa sia-sia jika pengemasannya tidak baik.

Akan tetapi Anda tidak usah khawatir karena di Bandung kini telah hadir jasa pengemasan yang akan membantu mengatasi masalah kemasan produk Anda dari mulai desain kemasan, cetak kemasan hingga pengemasannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata