Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Tips Sukses Tuntaskan Resolusi Tahun Baru


SerambiBisnis.com - Memulai tahun baru juga identik dengan membuat resolusi. Yang sayangnya, tak jarang orang gagal mewujudkan resolusi yang dibuatnya di awal tahun.

Berdasarkan penelitian dari Universitas Scranton, sebanyak 25 persen orang gagal melakukan resolusi mereka dalam seminggu. Hanya sekitar 8 persen orang yang sukses mencapai resolusinya di tahun yang baru. Lalu, bagaimanakah cara sukses tuntaskan resolusi tahun baru?

Berikut evaluasi yang dikutip dari laman inc.com tentang mengapa orang kerap gagal mencapai resolusinya.

Resolusi tidak selalu sama dengan goal, target, atau tujuan. Ingin tubuh lebih sehat atau mendapat pekerjaan adalah contoh resolusi. Namun, datang ke pusat kebugaran tiga kali seminggu atau berusaha melamar pekerjaan ke lima tempat dalam sebulan, itu yang disebut goal. Spesifik adalah kata kuncinya.

Lalu, orang juga sering menekan dirinya terlalu keras. Kadang, keinginan yang hendak dicapai di tahun depan harus dimulai sejak Januari di tahun yang baru. Percayalah, itu hanya akan menambah tingkat stres. Sabar dan buat progress secara perlahan akan lebih baik.

Buat goals dengan jangka pendek. Jika ingin tubuh lebih ramping, jangan langsung menetapkan ingin turun 20 kilogram karena Anda tahu, jalannya tidak akan mulus. Tetapkan target 3 kg dalam sebulan, jika konsisten, di akhir tahun memiliki tubuh yang ramping, sehat, dan happy mungkin akan terjadi. 

Evaluasi juga penting dalam mewujudkan setiap goal dalam hidup. Jika dalam karier, membuat catatan dan membahasnya di beberapa waktu tertentu akan membuat kinerja Anda lebih baik.

Rencanakan jalan alternatif jika motivasi mencapai resolusi tengah mandek. Sekali lagi, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Jika goals untuk olah raga terasa membosankan, tidak ada salahnya mengatur ulang jadwal ke pusat kebugaran. Gunakan untuk melakukan hal yang Anda senangi agar ketika mood membaik, bisa kembali on the track.

Mintalah bantuan jika semua resolusi terasa semakin menantang. Berbicara dengan teman, keluarga, atau pasangan mungkin saja akan meringankan beban untuk mencapai resolusi. Bahkan, hal itu dapat membuat progres mencapai resolusi lebih menyenangkan. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News