Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Sabun Bayi yang Aman dan Terpercaya

Bayi yang mulai belajar bermain di luar ruangan harus lebih diperhatikan kebersihannya oleh orang tua, termasuk dalam hal mandi yang mana ini sangat penting untuk menjaga kebersihan kulitnya. Nah, oleh karena sabun bayi bersentuhan langsung dengan kulit bayi, maka kamu pun harus memilih produk yang aman bagi kulitnya. Sebab meskipun banyak dijual produk berlabel sabun bayi anti iritasi, tak menutup kemungkinan ada bahan yang tidak cocok dengan si kecil

Berikut cara memilih sabun mandi bayi anti iritasi:

#1. Pilih kandungan basa yang dapat menghilangkan kotoran dengan baik

Umumnya diaper cream bayi menghasilkan banyak busa, membersihkan dengan baik dan bisa dibilas dengan mudah. Kulit bayi memang cenderung mudah kotor dan berkeringat. Jika kamu membersihkan kulit bayi dengan sabun yang mempunyai kandungan basa, kulit bayi pun menjadi bersih dan segar kembali. Terlebih untuk bayi yang berusia 0-3 bulan, sekresi sebum di kulitnya akan sering terjadi dan cenderung menjadi eksim apabila tak dibersihkan. Maka, sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit si kecil.

#2. Pilih sabun bayi berbentuk busa

Sabun bayi dengan wujud busa ini sangat bagus untuk bayi yang belum bisa duduk dan kamu yang lebih sering memandikan bayinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Sabun ini sangat praktis digunakan karena busa akan mudah keluar hanya dengan memompa pump botol kemasannya memakai satu tangan.

Nah, karena sudah dalam wujud busa sejak awal, sabun ini bisa membersihkan kotoran di tubuh bayi dengan mudah dan tentunya sangat mudah dibilas. Tekstur busanya pun tidak licin sehingga membuat kamu lebih tenang ketika memandikan bayi.

#3. Periksalah kandungan sabun di kemasan dengan teliti

Jika di kemasan tertulis tak ada zat aditif, pastinya akan membuat kamu merasa aman. Namun, biarpun tertulis tak mengandung zat aditif, belum tentu tak mengandung zat aditif sama sekali, lho.

#4. Perhatikan bahan pengawet yang terdapat di dalam sabun bayi

Pengawet termasuk salah satu bahan kosmetik. Namun ada pula beberapa pengawet yang dipakai dalam produk sabun mandi bayi anti iritasi, seperti methylparaben dan propylparaben. Bagi orang dewasa, kandungan paraben bisa diterima untuk menjaga kualitas produk, namun kurang aman jika dipakai untuk bayi.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.