Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Beberapa Mindset yang Perlu Diwaspadai Saat Ingin Melakukan Investasi

Jika Anda ingin uang yang Anda miliki berkembang dan mampu menghasilkan keuntungan maka investasi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Ketika Anda telah berinvestasi, maka Anda telah menjadi seorang investor dan perlu mengelola investasi yang telah dilakukan agar dapat menghasilkan keuntungan. Namun, menjadi investor bukan berarti Anda hanya perlu menyusun strategi investasi yang tepat melainkan juga memiliki mindset yang tepat agar dapat menghasilkan keuntungan sekaligus terhindar dari risiko yang ada. Berikut ini beberapa mindset yang perlu Anda hindari saat ingin berinvestasi.

Pilih Investasi dengan potensi return terbesar
Setiap investor tentu ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari investasi yang dijalaninya. Tapi, Anda perlu mengetahui bahwa investasi tidak melulu soal imbal hasil karena Anda juga harus menghadapi risiko yang selalu hadir di setiap investasi. Memilih investasi dengan potensi return terbesar seringkali menjadi jebakan karena banyaknya skema investasi bodong yang berujung pada penipuan. Agar terhindar dari kemungkinan terburuk, maka usahakan agar memilih investasi terbaik untuk pemula yang memiliki risiko rendah dan tetap menguntungkan. Jika Anda memiliki mindset yang lebih bijak dalam memilih investasi, maka Anda dapat terhindar dari kemungkinan terburuk investasi yaitu kerugian.

Investasi bisa membuat Anda kaya mendadak
Apabila Anda pernah berpikir bahwa investasi bisa menjadikan Anda kaya dalam waktu sekejap, maka sebaiknya buang jauh-jauh mindset tersebut karena akan menyesatkan Anda. Investasi membutuhkan waktu yang tidak singkat agar dapat menghasilkan keuntungan. Jika ada investasi yang bisa memberikan imbal hasil tinggi dalam waktu singkat, maka terdapat risiko besar dari investasi tersebut. Mindset untuk memilih investasi yang bagus dan bisa menghasilkan keuntungan wajar perlu ditanamkan agar kegiatan investasi bisa aman untuk dijalani.

Memantau Investasi setiap hari
Mindset yang satu ini seringkali dilakukan oleh para investor terutama investor pemula yang baru mulai berinvestasi. Memantau investasi memang bukanlah suatu hal yang salah, namun jika Anda ingin investasi tersebut berjalan tanpa rasa khawatir, maka hindari kebiasaan memantau investasi setiap harinya. Karena, ketika Anda memantau investasi setiap hari dan merasa performa investasi yang dijalani kurang baik, maka Anda bisa saja mengambil keputusan yang salah sehingga dapat merugikan Anda pada akhirnya.
Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News