Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Keunggulan Mesin Honda GX200 yang Perlu Anda Ketahui


Untuk menjalankan suatu alat atau kendaraan, tentu dibutuhkan mesin di dalamnya. Mesin terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari bahan bakarnya hingga penempatan jumlah silinder. Mesin Honda GX200 adalah salah satu jenis mesin yang berbahan bakar gas.

Di bawah ini akan dibahas apa saja keunggulan yang dimiliki mesin Honda GX200 lengkap dengan cara menggunakannya. Penasaran apa saja keunggulannya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.


Spesifikasi Mesin Honda GX200

Mesin Honds GX200 memiliki spesifikasi yang mumpuni, dan membuatnya menjadi banyak diminati. Dari sekian banyak tipe Honda GX200, tipe GX200T2 LBH (Putaran Lambat) jadi salah satu pilihan yang populer. 

Mesin ini merupakan tipe air-cooled, 4-stroke, OHV, dengan kemiringan 25° dan satu silinder berporos horizontal. Isi silindernya adalah 196 cm³, dengan diameter dan langkah sebesar 68,0 x 54,0 mm. Rasio kompresinya adalah 8.5:1, dan tenaga output bersihnya mencapai 5,2 kW (6,9 HP) pada 4.500rpm. Torsi maksimum mencapai 2,69 kgf-m (26,4Nm) pada 1,500rpm.

Tangki bahan bakar dapat menampung 3,1 liter bensin dengan oktan 86 atau lebih. Mesin ini menggunakan sistem pengapian jenis C.D.I Magneto Ignition dan busi merk BPR6ES (NGK), W20EPR-U (DENSO). Sistem penyalaannya menggunakan recoil dan pembersih udaranya adalah grid type.

Kapasitas oli mesin adalah 0,6 liter SAE 10W-30 (API SE atau lebih baru). Rasio reduksinya adalah 1/2. Dimensinya adalah 353 x 374 x 346 mm dan berat bersihnya adalah 18,4 kg.


Keunggulan Mesin Honda GX200

Mesin adalah salah satu komponen utama dari suatu alat atau kendaraan agar dapat beroperasi dengan baik. Honda GX200 adalah salah satu rekomendasi mesin serbaguna yang memiliki sejumlah keunggulan bagi Anda yang membutuhkan mesin untuk keperluan steam maupun pengaplikasian pada perahu ketinting.

Di bawah ini merupakan deretan keunggulan mesin Honda GX200 yang perlu Anda ketahui.

1. Handal dan Tahan Lama

Mesin Honda GX200 terkenal akan kehandalan dan ketahanannya. Hal ini karena mesin Honda GX200 telah dilengkapi dengan teknologi canggih yang juga dirancang dengan fitur-fitur memadai untuk membantu mempermudah pekerjaan Anda.

Teknologi yang digunakan pada mesin ini salah satunya adalah teknologi steam. Mesin steam ini bisa membersihkan kendaraan bermotor secara efisien. Lalu, uap air yang dihasilkan dari mesin ini mampu membersihkan kotoran dan minyak yang menempel bahkan di sela-sela yang sulit dijangkau.

2. Fitur Lengkap

Keunggulan selanjutnya adalah mesin Honda GX200 telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap. Fitur-fitur yang ada dan melengkapi mesin ini misalnya seperti desain OHV yang mampu meningkatkan efisiensi pembakaran.

Rasio daya ke perpindahan pada mesin ini mempunyai efisiensi yang tinggi. Selain itu, mesin ini juga dengan mudah melakukan sistem dekompresi otomatis dan pegangan starter recoil lembut yang tentunya mudah untuk digenggam. Bahannya pun berkualitas tinggi dan komponen berkualitas untuk penggunaan jangka panjang.

3. Hemat Waktu dan Tenaga

Keunggulan terakhir yaitu hemat waktu dan tenaga. Mesin Honda GX200 dilengkapi dengan teknologi dan fitur-fitur yang canggih sehingga mempermudah Anda dalam menggunakannya. Jadi, Anda bisa lebih hemat waktu dan tenaga.

Mesin ini juga menggunakan sistem penyalaan recoil serta pembersih udara dengan tipe grid. Di samping itu, kapasitasnya tangki bahan bakarnya juga cukup besar yaitu 3.1 liter.


Cara Menggunakan Mesin Honda GX200

Setelah mengetahui keunggulan-keunggulan mesin Honda GX200, selanjutnya adalah cara menggunakannya. Di bawah ini merupakan cara menggunakan mesin Honda GX200 yang perlu Anda ketahui.

Pertama, pastikan Anda siapkan mesin terlebih dahulu. Sebelum mengoperasikan mesin Honda GX200, pastikan mesin sudah dalam keadaan baik dan siap digunakan.

Jangan lupa untuk periksa bahan bakar, oli mesin, serta komponen lain untuk memastikan semuanya dapat berfungsi dengan baik.

Selanjutnya, isi tangki bahan bakar dengan bensin sesuai dengan petunjuk yang ada pada mesin.

Lalu, tekan tuas starter sampai mesin menyala.

Sesuaikan kecepatan mesin dengan menggunakan tuas gas.

Jika mesin sudah menyala, secara perlahan silakan kurangi kecepatan mesin dan matikan dengan tuas starter.

Terakhir, pastikan mesin dalam keadaan aman dan dingin sebelum menyimpannya. Sebab, jika panas, mesin bisa berpotensi lebih cepat rusak bahkan mengalami gangguan pada komponen-komponen pendukungnya.

Sebagai tips tambahan, jika Anda akan mengoperasikan suatu mesin atau peralatan, pastikan mesin tersebut berada di ruangan yang aman atau ruang terbuka. Selain itu, hindari pemicu yang bisa membahayakan lingkungan ketika mesin dioperasikan. Pastikan juga semua komponen mesin aman dan bisa berfungsi dengan baik.


Dapatkan Mesin Honda GX200 Terbaik

Mesin Honda GX200 adalah salah satu rekomendasi mesin berbahan gas terbaik dari Honda. Mesin ini terkenal dengan keandalan dan kinerjanya yang superior. Ini juga telah menjadi mesin yang melegenda, tingkat kebisingan lebih rendah, getaran rendah, dan emisi yang rendah.

Mesin ini menggunakan tipe mesin air cooled, 4-tak, OHV, 25 derajat inclined, single cylinder, dan horizontal shaft. Untuk silinder yang digunakan berukuran 196 cm3. Mesin yang satu ini memiliki kapasitas tangka bahan bakar sebesar 3.1 liter Gasoline Oktan 86 atau lebih.

Di samping itu, sistem pengapian yang digunakannya adalah CDI tipe Magneto Igniton dan untuk tipe businya adalah BPR6ES, (NGK) W20EPR-U (DENSO).

Mesin ini terbilang sebagai mesin serbaguna karena memang bisa digunakan di berbagai macam produk termasuk diaplikasikan pada mesin perahu ketinting. Mesin Honda GX200 sangat rekomended digunakan pada mesin perahu ketinting karena memiliki kinerja yang sesuai dengan penggunaannya.

Dari penjelasan di atas, kini Anda sudah mengetahui jenis-jenis berdasarkan bahan bakar dan penempatan serta jumlah silindernya. 

Jika Anda mencari mesin serbaguna berkualitas terbaik, Anda bisa memilih Honda GX200. Honda GX200 adalah solusi yang tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan mesin berkualitas terjamin dengan spesifikasi yang mumpuni. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menelusuri lebih lengkap website resmi Honda.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Keunggulan Mesin Honda GX200 yang Perlu Anda Ketahui"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News