Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

5 Manfaat Virtual Account dan Penerapannya sebagai Solusi Keuangan Modern


Memasuki era teknologi digital yang terus berkembang pesat, dunia seakan saling terhubung dengan mudah. Sistem keuangan tradisional mengalami revolusi oleh teknologi yang terus berinovasi. Salah satunya adalah virtual account yang menjadi daya tarik signifikan dalam konsep metode pembayaran dan transaksi perbankan. 

Metode ini dianggap sebagai solusi dinamis dan efisien untuk mengelola dana, memudahkan proses transaksi, meningkatkan kontrol transaksi keuangan, baik secara individu atau bisnis.

Manfaat Virtual Account

Virtual account sering disebut sebagai penyatuan antara akun digital dengan rekening bank fisik. Namun akun ini tidak seperti akun konvensional, rekening virtual tidak berhubungan dengan identifikasi bank terpisah. Sebaliknya, akun virtual bekerja dalam akun utama yang memungkinkan membuat sub-akun di bawah satu akun utama tersebut. 

Setiap akun virtual memiliki atribut unik, seperti nomor ID khusus dan detail referensi yang menjadikannya unik dan ideal untuk pengelolaan dana terpisah pada tujuan penggunaan dana yang berbeda. Berikut ini beberapa manfaat akun virtual dalam penggunaannya untuk kebutuhan bisnis.

Kemudahan Manajemen Arus Kas

Dengan menyediakan metode pembayaran virtual account, bisnis bisa dengan mudah melakukan manajemen arus kas dan memisahkan dana untuk berbagai unit pemasukan dan pengeluaran. Pemisahan dana ini meningkatkan visibilitas arus kas, memantau dan mengelola dana lebih efektif, dan meningkatkan kinerja manajemen arus kas secara keseluruhan.

Optimalisasi Kinerja Akuntansi

Pada bagian akuntansi bisnis, akun virtual menawarkan kontrol yang lebih besar atas alokasi dana, manajemen likuiditas, pengendalian arus kas, dan sistem manajemen akuntansi secara keseluruhan. Kinerja akuntansi semakin ditingkatkan, demikian juga aliran dana bisa dipantau lebih optimal, dimanfaatkan secara efisien, serta menghindari terjadinya dana yang tidak produktif atau menganggur.

Keamanan Berlapis

Virtual account memberikan keamanan berlapis dengan membatasi paparan aliran dana. Bisnis dapat mengalokasikan dana untuk transaksi tertentu. Hal ini tentu mengurangi risiko terjadinya akses tanpa izin ke rekening dengan pengelolaan dana yang lebih besar pada akun utama.

Kemudahan Laporan Keuangan

Laporan keuangan pada rekening konvensional bisa menjadi sangat rumit untuk dipahami, terutama jika berhadapan dengan banyak transaksi. Dengan menggunakan akun virtual, laporan keuangan mengalami penyederhanaan sehingga mudah dibaca. Riwayat transaksi dibuat terpisah untuk setiap sub-akun virtual sesuai tujuan aliran dana. Proses pembuatan laporan keuangan juga jadi lebih ringkas dan cepat.

Transaksi Lintas Batas

Akun virtual hadir sebagai fasilitas transaksi perbankan lintas batas dengan memungkinkan bisnis pemilik akun utama membuat sub-akun dengan mata uang lokal di berbagai wilayah. Transaksi dengan akun virtual mengurangi biaya pada transaksi valuta asing dan perdagangan internasional, sehingga membantu bisnis berkembang global dengan cara yang lebih mudah dan sederhana.

Penerapan Virtual Account pada Bisnis

Sudah banyak bisnis yang mendapat banyak kemudahan dan manfaat dengan menggunakan virtual account untuk pengelolaan dana dari berbagai transaksi yang dilakukan. Berikut ini beberapa bisnis yang bisa menggunakan akun virtual dalam aktivitas sehari-hari.

E-commerce dan Ritel

Akun virtual bisa digunakan untuk mengelola pembayaran, pengembalian uang, dan penyelesaian transaksi bisnis. Setiap bisnis yang menggunakan akun virtual bisa melakukan pemantauan transaksi yang terjadi secara real-time dengan cara yang sangat sederhana.

Perhotelan dan Travel

Hotel dan agen travel bisa menggunakan akun virtual untuk memisahkan tujuan transaksi, misalnya pembayaran di muka, deposit, dan biaya lain-lain yang harus diselesaikan customer pada pemesanan yang berbeda-beda. Hal ini tentu meningkatkan efisiensi kerja bagian penagihan dan menyederhanakan proses arus kas.

Produsen dan Distributor

Produsen dan distributor suatu produk bisa memanfaatkan virtual account untuk mengelola pembayaran dan penagihan dana dalam rantai supply produk yang biasanya berjalan lebih kompleks. Setiap produk bisa mendapatkan akun virtual yang berbeda, sehingga transaksi berjalan dengan transparan dan lebih sederhana.

Kesehatan

Rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya juga bisa menggunakan akun virtual untuk kemudahan manajemen arus kas. Bagian keuangan bisa memisahkan arus pembayaran pasien, asuransi, dan biaya operasional. Penggunaannya juga membantu kinerja manajemen keuangan agar lebih efisien dan transparan. Pengontrolan keuangan bisa lebih sederhana dan memudahkan perkembangan bisnis kesehatan di masa depan.

Lembaga Keuangan

Bank atau lembaga keuangan lain bisa menawarkan penggunaan akun virtual sebagai layanan tambahan yang memudahkan nasabah korporat atau bisnis. Melalui virtual account, pihak lembaga keuangan bisa menjalin hubungan lebih baik terhadap nasabah dengan cara menyediakan solusi manajemen kas yang sesuai dengan kebutuhan kehidupan modern dan perkembangan bisnis yang sesuai dengan era digital. 

Dengan berbagai keunggulan yang mampu diberikan akun virtual pada setiap transaksi, menjadikan akun masa kini sebagai alat ampuh menghadapi berbagai permasalahan terhadap manajemen arus kas di berbagai sektor bisnis. Bisnis bisa lebih mudah bertumbuh dengan manajemen arus kas yang sehat dan inovatif, terutama dengan efisiensi transaksi dan pengelolaan dana secara umum. 

Pembuatan virtual account bisa dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya, seperti Fazz Business. Sebagai lembaga keuangan yang telah dipercaya banyak mitra bisnis, Fazz Business menyediakan layanan pembuatan akun virtual bagi pemilik bisnis untuk menagih pembayaran dari customernya. Proses pencatatan riwayat transaksi berjalan secara real-time dalam satu dashboard saja, sehingga semakin memudahkan manajemen arus kas dan meningkatkan kinerja bagian keuangan dan pembukuan.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Virtual Account dan Penerapannya sebagai Solusi Keuangan Modern"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News