Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Tips Memilih Cat dan Plitur Kayu Terbaik dengan Harga Tidak Menguras Isi Kantong


Mempunyai furnitur yang cantik merupakan suatu kesenangan tersendiri untuk sebagian besar orang. Salah satu cara untuk merealisasikan hal itu ialah dengan mewarnainya, yaitu dengan menggunakan cat & plitur kayu. Khusus untuk anda yang mempunyai furnitur berbahan kayu, memakai cat kayu amatlah disarankan ketimbang menggunakan cat tembok. Di samping memberi kesan cantik terhadap furnitur, cat kayu berkualitas pun akan menjaga kayu dari gangguan rayap dan jamur.

Cat kayu adalah salah satu elemen terkait eksterior dan interior rumah. Terdapat beberapa jenis cat kayu yang bisa anda pilih selaras dengan kegunaan dan jenis kayu tertentu. Cat & plitur kayu umumnya digunakan pada furnitur supaya tampak lebih menarik dan mengkilap.

Cat kayu juga bisa berfungsi untuk menguatkan furnitur berbahan kayu, melindunginya dari rayap dan perubahan cuaca selain untuk menambah indah tampilannya. Jenis kayu yang dipergunakan tentunya bisa memengaruhi jenis cat kayu yang mesti anda terapkan.

Guna memperoleh cat kayu yang bagus, maka pilihlah cat yang mampu melindungi lapisan kayu dengan baik, tidak mudah pudar, tahan lama, dan anti merkuri. Namun harga cat kayu terbaik biasanya tentu saja akan lebih mahal daripada cat biasa. 

Tips Memilih Cat Kayu yang Baik

Pemilihan cat kayu barangkali terdengar remeh, sebagian orang lebih mengutamakan warnanya. Padahal bila dilakukan asal-asalan tentu hasilnya akan menjadi kurang sempurna dan kayu tak tampak indah. Lantas apa saja yang perlu anda perhatikan ketika memilih cat kayu? 

1. Perhatikan Jenis Kayu

Anda mesti mengetahui jenis kayu yang akan dicat terlebih dulu. Karena setiap kayu mempunyai serat dan kandungan kimia yang berbeda-beda. Contohnya untuk kayu jati yang mempunyai serat dan tekstur indah, akan lebih baik bila dilapisi dengan cat kayu berbahan dasar air. Dengan begitu keindahannya tetap mencolok dan lebih berkilat.

Sementara itu kayu dari pohon pinus atau dikenal juga dengan nama kayu jati belanda umumnya mempunyai serat dan warna yang tak merata. Untuk mengakalinya, anda perlu memakai cat kayu yang bersifat primer coat.

2. Perhatikan Posisi Penempatan Furnitur

Lihat letak di mana furnitur tersebut akan ditempatkan. Contohnya untuk pagar kayu yang kerap terkena hujan dan sinar matahari, maka pilihan jatuh pada cat waterproof. Dengan begitu pagar kayu tak akan gampang lapuk, ditumbuhi dengan lumut atau berjamur.

Untuk area lantai kayu sebaiknya gunakan cat kayu yang bersifat menjaga kayu dari gesekan benda-benda berat dan sepatu. Sementara furnitur kayu yang biasa seperti lemari, kursi, dan meja, cukup dengan memakai cat warna solid atau cat plitur kayu sebab jarang terkena gesekan.

3. Pilih Cat Kayu Menurut Pada Tingkat Transparansinya

Menurut pada tingkat transparansinya cat kayu itu terdiri dari cat warna solid dan cat plitur transparan. Cat kayu berwarna solid umumnya mempunyai kepekatan yang tinggi sehingga serat kayu dengan sempurna dapat tertutupi oleh cat dan sesuai untuk membalut lapisan furnitur kayu modern dan minimalis.

Sedangkan cat kayu plitur yang transparan dapat meningkatkan kilap pada permukaan kayu dan menjaganya dari goresan, tetapi serat kayu tetap tampak sebagaimana aslinya. Cat ini cocok untuk furnitur dengan gaya tradisional, etnik, dan klasik.

4. Pilih Warna Cat Kayu yang Tepat

Memilih warna cat kayu yang cocok perlu proses lho, tidak cuma sekadar menunjuk warna favorit saja. Pada waktu memilih, tidak boleh terpaku pada kartu warna yang disediakan oleh pihak toko atau produsen cat kayu. Ada baiknya anda membawa sisa potongan kayu dari furnitur yang akan dicat. Pasalnyha hasil warna akhirnya mungkin berbeda pada setiap jenis kayu. Ketimbang sia-sia membeli cat yang salah dan merusak tampilan furnitur, ada baiknya dicoba sedikit terlebih dahulu. Penempatan furnitur pun dapat memengaruhi pilihan warna. Bila disimpan di tempat gelap, pilih warna cat kayu yang cerah. Sebaliknya bila disimpan di tempat yang terang, pilih warna yang netral atau gelap.

5. Pilih Cat Kayu Menurut Cara Pengaplikasiannya

Sebagaimana cat kebanyakan, cat kayu juga jenisnya itu dibedakan untuk pengaplikasian memakai kuas dan alat semprot. Cat kayu yang dioleskan memakai kuas lebih cocok untuk melapisi kayu yang rata permukaannya. Sedangkan cat kayu semprot dipakai untuk melapisi permukaan furnitur yang mempunyai bentuk rumit atau banyak ukiran. Dengan begitu celah-celah kecil dapat dilapisi secara sempurna.

Anda dapat melakukan pengecatan kayu sendiri di rumah atau menyuruh tukang cat bila tidak mengetahui caranya. Bahkan bila Anda paham caranya, tak ada salahnya anda mengecat ulang furnitur supaya tampak lebih terawat.

Salah satu upaya memelihara barang-barang yang terbuat dari bahan kayu di rumah adalah dengan langkah mempliturnya. Barangkali dari sebagian anda masih ada yang belum demikian paham dengan teknik plitur kayu. Plitur kayu merupakan sebuah cat dengan warna transparan yang memiliki bahan dasar oker. 

Oker itu sendiri adalah sebuah ranah lunak yang telah melewati proses oksidasi yang menyajikan warna kuning muda, kuning emas, dan cokelat. Pemberian cat plitur pada kayu adalah langkah yang penting dalam merawat ketahanan barang dengan bahan kayu.

Bio Industri adalah salah satu produsen cat dan plitur kayu terbaik dan terpercaya di Indonesia yang berpelarut air. Untuk masalah harga memang cat finishing water based ini termasuk agak lebih mahal di kelasnya. Jika anda ingin mendapatkan produk cat kayu dari Bio Industri yang memiliki 20 pilihan warna ini dapat langsung mendapatkannya melalui website resminya www.bioindustries.co.id


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Cat dan Plitur Kayu Terbaik dengan Harga Tidak Menguras Isi Kantong"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News