Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Buat Kantor Kamu Sendiri Di Rumah Dengan Beberapa Tips Ini



Pandemic penyebaran virus COVID-19, melahirkan suatu fenomena baru yaitu WFH (Work From Home) yang mana mengharuskan para karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka dari rumah. Banyak perkantoran seperti kantor akuntan publik, dan kantor pelayanan masyarakat lainnya yang masih menerapkan WFO (Work From Office) dikarenakan adanya beberapa hal yang mengharuskan mereka untuk datang langsung ke kantor. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila kamu membuat kantor kamu sendiri di rumah sebagai antisipasi perusahaan kamu menerapkan sistem WFH, atau juga bisa kamu gunakan pada saat weekend dan hari libur untuk melakukan pekerjaan sampingan. 


Ini dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun kantor kamu di rumah.

1. Menggunakan Jasa Arsitek

Apabila rumah kamu baru ingin di bangun atau melakukan renovasi, kamu bisa menggunakan jasa arsitek untuk membuat sebuah ruangan khusus untuk bekerja. Tentu hal ini memakan biaya tambahan karena kamu menggunakan jasa mereka, akan tetapi dengan menggunakan jasa arsitek kamu bisa berkonsultasi akan desain interior, budget yang di gunakan, hingga penggunaan bahan bangunan yang tepat dalam membuat ruangan khusus tersebut, maka dari itu apabila kamu memiliki budget yang cukup menggunakan jasa arsitek merupakan salah satu pilihan yang tepat.

2. Gunakan Ruangan Terpisah

Usahakan ruangan yang akan kamu gunakan sebagai kantor terpisah dengan ruangan keluarga, ruang makan dan juga ruang tidur. Kamu bisa menggunakan ruangan yang sedikit terpencil seperti di loteng, basement atau teras depan rumah. Hal ini bertujuan untuk menghindari segala bentuk gangguan yang tercipta dari kegiatan rumah kamu. Apabila memang terpaksa untuk membuat ruangan yang dekat dengan kegiatan rumah, pastikan ruangan yang kamu buat tertutup dan jadikan lingkungan tersebut kondusif.

3. Gunakan Kaca Transparan

Kamu juga bisa menggunakan kaca buram atau transparan sebagai pemisah antara ruangan kerja dengan ruangan yang lain. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan kaca dapat meredam suara masuk dan juga keluar. Selain itu kamu juga bisa menggunakan AC dalam ruangan tersebut sehingga kaca yang kamu pakai akan menahan udara dingin yang ke luar.

4. Fasilitas Pendukung

Jangan lupa untuk melengkapi ruangan yang kamu bangun dengan beberapa fasilitas pendukung agar kamu tidak menghabiskan banyak waktu untuk memenuhi kebutuhan kamu. Beberapa contoh fasilitas pendukung untuk kerja seperti printer, papan tulis, telefon rumah, folder untuk menyimpan dokumen dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan fasilitas yang membuat nyaman kamar tersebut seperti memasang alat pengharum ruangan dan lain sebagianya.

Saat ini teknologi bisa menyampaikan kita ke berbagai macam tempat, jadi walaupun bekerja dari rumah banyak orang yang bisa melakukan banyak hal. Para pelaku wirausaha saat ini juga sudah banyak yang menjual dan mengirim produk mereka ke luar negeri walaupun mereka bekerja dari rumah saja. Segala kegiatan seperti mencari pembeli, memeriksa ongkir ke Singapura dan memilih ekspedisi mereka dengan mudah dapat melakukan kegiatan tersebut dari rumah. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Buat Kantor Kamu Sendiri Di Rumah Dengan Beberapa Tips Ini"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News