IBX5B7AAC72C70DE Tips Memilih Broker Asuransi Terbaik dan Manfaat Optimal yang Didapat - Serambi Bisnis -->

Tips Memilih Broker Asuransi Terbaik dan Manfaat Optimal yang Didapat


Ketidakpastian dan risiko bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari, baik terhadap diri sendiri, keluarga maupun bisnis, properti, dan aset lainnya dengan tingkat risiko yang berbeda. Risiko tersebut seperti sakit, meninggal dunia, kerusakan properti, kehilangan aset, dan sebagainya. Risiko pada dasarnya tidak dapat dihindari dan bisa terjadi karena faktor internal maupun eksternal. Namun demikian, risiko dapat diminimalisir, dikelola, maupun dialihkan ke pihak lain seperti perusahaan asuransi. 

Asuransi merupakan bentuk perlindungan terhadap individu, keluarga, bisnis, dan aset lainnya dari berbagai jenis risiko. Memiliki asuransi menjadi solusi yang tepat untuk Anda sebagai salah satu cara untuk meminimalisir kerugian secara finansial. Selain itu, asuransi juga memiliki manfaat lainnya, seperti:

1. Membuat lebih tenang dan percaya diri

Asuransi dapat memberikan ketenangan jangka panjang karena terdapat jaminan yang dapat meringankan beban apabila risiko buruk terjadi. Bagi pengusaha, asuransi dapat memberikan rasa percaya diri dalam mengembangkan bisnis karena apabila terjadi kerugian atas risiko maka dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

2. Memudahkan pengelolaan keuangan

Ini merupakan manfaat yang penting ketika Anda memiliki asuransi. Meski Anda wajib membayar biaya premi secara rutin, namun asuransi membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran tidak terduga yang pada umumnya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin bulanan. Dengan begitu, kondisi keuangan Anda lebih terjaga karena kerugian sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Terdapat dua cara untuk memiliki asuransi yakni melalui agen asuransi dan broker asuransi. Meski sama-sama menawarkan produk asuransi tetapi peran dan tanggung jawab mereka berbeda. Perbedaan mendasar antara agen dan broker asuransi adalah dilihat dari siapa yang mereka wakili. 

• Agen asuransi bekerja mewakili perusahaan asuransi dan menjual produk asuransi dari perusahaan dimana ia bekerja. 

• Broker asuransi mewakili kepentingan klien untuk memilih jenis asuransi sesuai kebutuhan perusahaan dan industri. 

Semakin banyak produk asuransi yang tersedia di pasaran membuat Anda harus lebih jeli dalam memilih produk asuransi yang tepat. Ini untuk menghindari pengeluaran biaya premi berlebih yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Pentingnya memilih jenis asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan tidak lepas dari peran broker asuransi. 

Membeli produk asuransi melalui broker asuransi

Broker asuransi tidak terikat dengan perusahaan asuransi manapun sehingga dapat memberikan saran mengenai produk asuransi terbaik sesuai kebutuhan klien. Dengan demikian klien akan lebih leluasa dalam memilih produk asuransi dari perusahaan asuransi yang terpercaya. Selain itu, broker asuransi juga membantu klien dalam proses penyelesaian klaim asuransi. Keberhasilan dalam menyelesaikan proses klaim terhadap perusahaan asuransi dapat dijadikan salah satu indikator bahwa broker asuransi tersebut terpercaya dan profesional.

Memilih broker asuransi terpercaya menjadi hal yang penting. Ini bertujuan untuk memastikan masukkan yang diberikan terkait dengan produk asuransi dan risiko yang dihadapi telah sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, Anda harus memastikan bekerjasama dengan broker asuransi yang memiliki pengalaman dan track record baik. 

Tips memilih broker asuransi terbaik

1. Kredibilitas perusahaan

Untuk bekerjasama dengan broker asuransi profesional maka Anda harus memastikan broker asuransi tersebut dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan klien. Ini karena broker asuransi merupakan sebuah badan yang dibentuk untuk membantu klien  guna mendapatkan hak-haknya secara penuh atas perusahaan asuransi dimana klien tersebut tercantum namanya sebegai pemegang polis. Untuk mengetahui broker asuransi tersebut memiliki kredibilitas atau tidak, maka Anda dapat mengecek izin usaha broker asuransi dari dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. 

2. Reputasi dan pengalaman dalam melayani klien

Broker asuransi yang memiliki reputasi baik dan memiliki pengalaman dapat dilihat dari berapa banyak perusahaan yang telah bekerjasama dengan broker asuransi tersebut. Semakin banyak perusahaan yang bekerjasama dengan broker asuransi tersebut, maka dapat dikatakan broker asuransi memiliki reputasi yang baik. Hal ini juga menunjukan bahwa kepercayaan klien terhadap broker asuransi tersebut tinggi. Broker asuransi dengan reputasi baik akan fokus dalam memberikan solusi dengan strategi yang baik mulai dari identifikasi risiko hingga memberikan solusi untuk meminimalisir risiko  sesuai risiko bisnis dan industri. 

3. Kerjasama dengan berbagai perusahaan asuransi

Broker asuransi terpercaya pada umumnya berafiliasi dengan lebih dari satu perusahaan asuransi yang berkredibilitas baik. Selain itu, broker asuransi yang telah berpengalaman biasanya memiliki jaringan luas terkait produk asuransi di berbagai segmen industri. Ini tentu memudahkan klien dalam memilih produk asuransi sesuai kebutuhan. Selain itu, hal ini juga menjadi jaminan bahwa broker asuransi tersebut berpengalaman. 

4. Kemampuan analisis risiko dan solusi

Bekerjasama dengan broker asuransi membantu klien dalam mendapatkan polis asuransi dengan manfaat sesuai risiko bisnis. Selain itu, broker asuransi juga dapat membantu klien dalam melakukan analisis risiko. Hal ini penting untuk mengetahui seberapa besar risiko dan dampaknya. Setelah mengetahui risiko, maka broker asuransi akan memberikan solusi terbaik untuk Anda. Untuk mengetahui apakah broker asuransi memiliki kemampuan analisis risiko yang mendalam, maka Anda dapat melakukan diskusi dan berkonsultasi terlebih dahulu. 

Broker asuransi yang memiliki kriteria di atas dan memiliki pengalaman membantu ribuan perusahaan adalah Marsh Indonesia. Berdiri sejak 1983, Marsh membuktikan dan mampu memberikan pelayanan terbaik dengan mengelola risiko perusahaan mulai dari bisnis berukuran kecil hingga besar dan memberikan solusi terbaik terkait pengelolaan manajemen risiko yang tepat dan asuransi sesuai risiko bisnis dan industri.

Manfaat ekstra bekerjasama dengan broker asuransi

Marsh menjadi salah satu broker asuransi profesional di Indonesia yang memberikan layanan konsultasi risiko. Melalui Marsh Risk Consulting, Marsh membantu klien dalam manajemen risiko agar kerugian akibat risiko dapat diminimalisir. Layanan tersebut dibutuhkan bagi para pelaku bisnis yang ingin menjaga aset bisnis dan melakukan strategi yang tepat agar bisnis tetap tumbuh. Dalam melakukan identifikasi risiko, Marsh memilik tim spesialis yang telah berpengalaman dan memahami setiap profil risiko melalui analisis struktur dengan solusi yang paling efisien dan strategi yang jelas. 

Manfaat bekerjasama dengan broker asuransi tidak hanya untuk mendapatkan produk asuransi terbaik tetapi bertujuan untuk membantu klien dalam mengembangkan strategi manajemen risiko yang tepat. Dengan begitu klien dapat fokus dalam mengembangkan bisnis dan mencapai tujuan yang diinginkan. Broker asuransi profesional pada umumnya mampu membantu perusahaan dihampir semua sektor industri dalam melakukan manajemen risiko secara baik. Peran broker asuransi ini tentu dibutuhkan oleh pelaku usaha seperti layanan konsultasi, identifikasi risiko, memberikan saran strategis, dan membantu jika terjadi klaim terhadap perusahaan asuransi.


Source:

https://www.cermati.com/artikel/manfaat-asuransi-secara-umum-dan-khusus

https://datapolis.id/perbedaan-antara-agen-dan-pialang-asuransi/

https://www.cermati.com/artikel/mengenal-broker-asuransi-seperti-apa-peran-dan-tanggung-jawabnya



Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih Broker Asuransi Terbaik dan Manfaat Optimal yang Didapat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata