IBX5B7AAC72C70DE Beragam Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya - Serambi Bisnis -->

Beragam Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya

Di zaman sekarang, perkembangan teknologi semakin canggih, rasanya sayang sekali jika kita tidak bisa memanfaatkannya dengan baik dan mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Saya sendiri nggak mau ketinggalan zaman atau terlihat kuno, jadi saya selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman dan arus teknologi saat ini. Dengan kemajuan teknologi, aktivitas kita juga semakin mudah dan bisa mendapatkan banyak manfaat.

Kira-kira kamu sudah mengikuti inovasi teknologi apa saja nih? Kalau saya sih hampir semuanya, bahkan saya sendiri memiliki pemanas air tenaga surya. Dengan adanya pemanas air ini, saya mendapatkan beragam manfaat, mulai dari kemudahan dalam memanaskan air, dapat mengirit listrik maupun gas. 


Jadi ingat dulu, di mana saya harus memanaskan air di atas kompor dengan bantuan api dari gas. Ternyata memang memakan waktu, dan agak ribet, nah Saya pun mencoba menggunakan pemanas air dengan tenaga surya. Apalagi Indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan cahaya matahari berlimpah, mengapa anugerah tersebut tidak kita manfaatkan dengan baik?

Selain Hemat Pemanas Air Tenaga Surya Juga Ramah Lingkungan

Bukan hanya itu, pemanas air tenaga surya ini juga dinilai lebih hemat dan ramah lingkungan. Hal tersebutlah yang membuat saya tertarik untuk menggunakan pemanas air tenaga surya tersebut. Penggunaannya juga cukup praktis, karena instalasi yang mudah dan jalur instalasi yang sesuai, kita tinggal menikmati air hangat dari kamar mandi santai. 

Dulu saya mengira jika alat ini akan lebih merepotkan, mengingat belum tentu setiap hari kita bisa mendapat sinar matahari, terlebih pada saat musim hujan, bagaimana kita bisa menggunakan alat ini jika tidak ada matahari? Namun kini saya mengerti, meskipun alat ini menggunakan tenaga matahari tetapi kita tetap bisa menggunakannya ketika tidak ada matahari. Hal ini disebabkan karena terdapat sistem cadangan listrik untuk menghantar panas. Sehingga kita tak perlu khawatir jika alat tersebut tidak akan terpakai. 

Mempermudah Pekerjaan Ibu Rumah Tangga 

Dengan menggunakan pemanas air tenaga surya, saya juga lebih mudah mendapatkan air panas untuk mandi, masak maupun minum. Sebagai ibu rumah tangga, saya sangat merasakan manfaatnya, dimana saya bisa melakukan kegiatan multitasking seperti memasak sembari memanaskan air.

Saya juga sempat terkejut dengan tagihan listrik yang berkurang, ternyata hal tersebut karena saya lebih sering menggunakan alat pemanas air tenaga surya yang dinilai lebih hemat. Dapat dikatakan, saya hanya beberapa kali saja menggunakan listrik untuk memanaskan air, paling-paling ketika alat tersebut tidak berfungsi dengan baik karena energi surya yang minim. 

Dengan menggunakan alat pemanas air tenaga surya juga saya bisa lebih tenang dan tidak khawatir ketika terjadi mati listrik atau gas kompor habis saat dibutuhkan. Makanya nggak heran jika banyak orang yang bilang alat ini memiliki manfaat jangka panjang. 

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, alat ini dinilai lebih ramah lingkungan, mengingat sumber energi yang digunakan juga alami dari cahaya matahari. Karena energi alami dapat mengurangi gas pembuangan karbon dan tidak memberikan efek kerusakan pada lingkungan. Hal tersebut memotivasi saya untuk bisa berkontribusi menjaga lingkungan alam dengan cara yang sederhana.

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang sibuk mengurusi pekerjaan rumah dan pekerjaan luar, tentunya saya harus membagi waktu yang baik agar semuanya dapat terselesaikan. Dengan menggunakan pemanas air tenaga surya, setidaknya sedikit beban saya dapat berkurang, apalagi alat ini juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit setelah proses pemasangan. 

Meskipun begitu, bukan berarti saya tidak melakukan apapun untuk merawat alat pemanas air tersebut, saya melakukan pemeriksaan 6 bulan atau 1 tahun sekali untuk memeriksa pompa kontrol agar suplai air yang dihasilkan lancar dan maksimal. Agar tidak terjadi penyumbatan saya juga selalu menguras unit solar water heater, dengan cara menggantinya dengan air baru. Jika hal tersebut tidak dilakukan tentunya kita semua tahu bahwa kotoran akan mengendap dan mempengaruhi kualitas air.

Mungkin kita  akan berpikir bahwa harga pemanas air ini lebih mahal, dibandingkan dengan memanaskan air seperti biasa. Saya juga pernah berpikiran seperti itu, namun saya tetap mencoba dan merasakan manfaatnya sekarang. Saya sendiri tidak menyesal telah mengeluarkan uang beberapa juta di awal untuk mendapatkan alat ini, karena saya bisa mendapatkan keuntungan ketika mulai menggunakan alat ini. 

Saya sadar, alat pemanas air tenaga surya tidak hanya memberikan manfaat baik untuk diri saya sendiri, tetapi untuk lingkungan dan anak cucu kita nanti. Mengingat sinar matahari yang merupakan sumber energi utama ini tidak akan habis dan dapat diperbarui, berbeda dengan gas atau listrik yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Tentunya Kita semua mau kan anak cucu kita dapat bertahan hidup dengan bantuan listrik dan gas di masa depan nanti? Paling tidak kita telah berkontribusi untuk tidak menghambur-hamburkan penggunaan listrik dan gas.


Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beragam Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata