IBX5B7AAC72C70DE Tips Liburan bagi Penderita Asam Urat - Serambi Bisnis

Tips Liburan bagi Penderita Asam Urat

Jangan biarkan asam urat mengganggu rencana liburan Anda. Terapkan tips di bawah ini. 

Nyeri pada sendi dapat membatasi kegiatan penderita asam urat – termasuk untuk urusan liburan. Beberapa beralasan, liburan yang membutuhkan ketahanan fisik baik akan sulit dilakukan jika sakit pada sendi kambuh. 

Tenang saja dan tidak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang dapat penderita asam urat terapkan agar dapat liburan dengan aman dan menyenangkan. Apa saja?

• Mengenali gejala asam urat
Saat ini, penyakit asam urat tak hanya menyerang orang tua. Anak muda di bawah usia 30 tahun juga dapat mengalami asam urat. Bagi Anda yang sudah menderita asam urat sebelumnya mungkin tidak asing dengan gejalanya. Namun bagaimana bila asam urat baru muncul saat sedang liburan?

“Langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan mengenali gejalanya,” kata dr. Ellen Theodora kepada KlikDokter.

Anda bisa lebih waspada terhadap rasa nyeri tidak tertahankan yang sering muncul secara mendadak, serta rasa panas di persendian tubuh (terutama pada sendi lutut, jari tangan, pergelangan kaki, dan jari kaki). Terkadang gejala asam urat juga disertai dengan bengkak di daerah sekitar sendi, serta kulit memerah.

• Mempersiapkan obat asam urat
Jangan lupa untuk menyiapkan obat asam urat di dalam tas. Jika sewaktu-waktu kambuh, Anda bisa langsung mengonsumsinya. Akan tetapi, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

• Diet asam urat
Hindari asupan makanan yang tinggi purin, yaitu zat yang membentuk asam urat. Sebagai gantinya, Anda dapat menyiapkan camilan rendah purin seperti kacang almon atau konsumsi buah dan sayuran segar.

“Makanan tinggi purin antara lain daging merah (sapi, babi, dan kambing), jeroan, makanan laut (ikan tuna, udang, lobster, dan kerang),” jelas dr. Ellen. 

Batasi dan hindari alkohol. Alkohol dapat menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh, sehingga risiko serangan asam urat dapat meningkat. Lebih baik lagi bila Anda bisa menghindari alkohol sama sekali. 

Jangan lupa cukup kebutuhan cairan Anda setiap hari untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal tersebut dapat mengurangi produksi kristal monosodium urat bagi penderita asam urat. Terapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga setiap hari agar tidak mudah kelelahan selama saat liburan nanti.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata