IBX5B7AAC72C70DE Bengkel Online Bikin Service Mobil Semakin Mudah - Serambi Bisnis

Bengkel Online Bikin Service Mobil Semakin Mudah

Secanggih apapun mobil Anda, namun mesin di dalamnya tetap membutuhkan perawatan atau service mobil rutin untuk menjaga performa mobil selalu prima dan terpelihara. Bila Anda melupakan saat perawatan mobil, maka Anda mesti bersiap dengan keadaan mobil mogok yang menjadi momok bagi para pemilik mobil.

Sedikitnya ada 4 tanda yang dapat Anda deteksi ketika mobil Anda memerlukan service mobil berkala ke bengkel Toyota, Suzuki ataupun Daihatsu.

Asap Knalpot Tebal 
Anda selaku pengendara yang baik mesti mengetahui apa yang keluar dari dalam knalpot mobil yang Anda kendarai. Pasalnya bila asap mobil mulai tebal berarti ada gejala gangguan pada mesin mobil Anda. Ada 4 jenis warna asap knalpot mobil yang dapat menunjukkan adanya masalah mesin, yakni: 
  • Asap putih berarti terdapat gangguan di kepala silinder, akibatnya mesin mengirimkan air lewat knalpot.
  • Asap biru berarti mesin mobil kebanyakan menyerap minyak. Bisa pula terdapat petunjuk di ring piston mobil. Bila Anda mendiamkan hal ini, maka akan timbul aroma khusus pada mobil yang tentunya perlu dana tidak sedikit untuk memperbaikinya.
  • Asap hitam, artinya Anda harus segera melakukan tune up. Biasanya hal ini terjadi pada kendaraan mesin diesel maupun mesin bensin.
  • Asap abu-abu berarti ada petunjuk kerusakan yang dialami di bagian katup PVC sampai kepala silinder. Secepatnya periksa kepala silinder dan tangki pendingin supaya tidak terjadi gangguan terus-menerus. 

Mesin Mobil Bocor
Ada beberapa jenis cairan di dalam mobil yang dapat bocor suatu waktu. Anda harus memeriksa keadaan ini dengan teratur di tempat parkir. Tidak boleh mengabaikan bila ada cairan tersisa sekecil apa saja itu.

Cairan yang Anda temui di velg mobil, walau tidak melewati tempat basah atau genangan air merupakan petunjuk bahwa terdapat kebocoran pada cairan rem atau kaliper yang bisa mengakibatkan rem blong.

Untuk melacak kebocoran minyak pada mesin, Anda dapat memeriksanya di bagian antara kepala silinder dengan blok silinder. Sementara itu kebocoran pada pendingin bisa Anda lihat ketika mobil berjalan. Kebocoran cairan pengatur daya dapat dilihat pada cairan residu dari tangki dan pompa, sedangkan kebocoran pada suspensi dapat diketahui dengan mengamati bagian shock absorber.

Mobil Mengeluarkan Suara Mendecit dan Berderak 
Bila Anda merasa bahwa mobil Anda mengeluarkan suara mendecit dan berderak, Anda mesti secepatnya membawanya ke bengkel terdekat guna diperbaiki. Apabila suara telah parah sekali menandakan Anda harus membawa mobil Anda tersebut dengan derek ke bengkel terdekat.

Kesalahan Ganjil 
Kesalahan ganjil tidak akan timbul setiap hari, tetapi cuma muncul pada waktu-waktu khusus saja. Misalnya ketika mobil kehabisan bahan bakar, tetapi jarum tidak berubah. Atau ketika kesulitan menghidupkan mesin mobil pada suatu waktu, pendingin suhu yang tak berfungsi, dan masalah ringan lainnya.

Kini memang mengganti oli, ban, atau service mobil tidak perlu lagi membuang waktu banyak untuk mengantri karena sudah ada bengkel online yang siap datang langsung ke tempat Anda  kapan saja. Seluruh kemudahan ini dapat Anda peroleh hanya dengan menggerakan jari jemari di smartphone saja, namun melakukan perawatan rutin terhadap mobil merupakan kewajiban untuk Anda yang memiliki kendaraan roda empat ini.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata