IBX5B7AAC72C70DE Mengenal Lebih Dalam Mengenai Laporan Arus Kas dan Manfaatnya - Serambi Bisnis

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Laporan Arus Kas dan Manfaatnya

Kita semua tahu bahwa laporan arus kas adalah sumber informasi keuangan yang penting dalam sebuah bisnis yang sehat. Dari situlah didapatkan gambaran jelas berapa banyak profit yang didapat, berapa banyak biaya yang dikeluarkan, pajak yang dibayarkan, dan proyeksi keuangan ke depan. Jika perusahaan Anda menggunakan tax consultant, biasanya laporan arus kas ini juga akan diminta sebagai dasar pelaporan SPT perusahaan Anda.

Komponen dalam sebuah laporan keuangan dapat dianalogikan sebagai mainan lego. Anda bisa membangun sebuah bangunan dan setiap lego akan merepresentasikan angka-angka, pemasukan, dan pengeluaran dalam bisnis. Jika salah satu blok hilang atau salah peletakan maka lego tersebut tak akan membentuk sebuah karakter atau bangunan. 

Sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai laporan kas, ada baiknya kita ketahui dulu beberapa daar mengenai laporan arus kas. Bagi Anda yang sedang mempelajari mengenai laporan arus kas, mari kita ulas lebih detail satu per satu.
Apa itu Laporan Arus Kas?

Laporan arus kas merupakan salah satu laporan keuangan yang menunjukkan perincian arus masuk (penerimaan) dan keluar (pengeluaran) suatu bisnis atau perusahaan pada suatu periode tertentu.

Ada beberapa hal yang akan Anda temui dalam laporan keuangan arus kas (cash flow statement), yaitu jumlah kas yang diterima, seperti pendapatan tunai dan investasi tunai dari pemilik, serta jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan, seperti beban-beban yang harus dikeluarkan, pembayaran utang, dan pengambilan prive.
Ada Berapa Komponen Penting Dalam Laporan Keuangan Arus Kas?
Setelah tahu apa itu laporan cash flow? Maka Anda juga perlu memperlajari tiga elemen penting dalam cash flow:

Operating Activities (Arus Kas yang berasal dari Kegiatan Bisnis)

Untuk elemen yang pertama adalah arus kas yang berasal dari kegiatan bisnis baik pemasukan atau pengeluaran. Misalnya: hasil dari konsumen, gaji bulanan, bayar listrik, pajak dan lain sebagainya.

Investing Activity (Arus kas yang berasal dari kegiatan investasi)

Jika yang pertama berasal dari kegiatan berbisnis, arus kas ini berasal dari kegiatan investasi perusahaan baik pemasukan atau pengeluaran. Mungkin Anda bingung, bagaimana kegiatan investasi memiliki flow masuk dan keluar?

Kegiatan disini bukanlah investasi dalam arti pendanaan dari perusahaan yang lebih besar. Kegiatan investasi masuk dan keluar disini maksudnya adalah dalam investasi ini adalah aktivitas perusahaan terhadap penjualan dan pembelian dari aktiva perusahaan dan kegiatan yang ada hubungannya dengan piutang perusahaan. Contohnya: pembelian kendaraan baru.

Financing Activities (Arus Kas yang Berasal Dari Pendanaan)

Arus kas yang terakhir berasal dari pendanaan yang didapatkan dari perusahaan. Misalnya saja: emisi saham, penjualan obligasi dan lain-lain.

Dengan laporan arus kas pendanaan ini, maka perusahaan dapat menggunakannya untuk mengevaluasi dalam aktiva bersih perusahaan, struktur keuangan (termasuk likuiditas dan solvabilitas) dan kemampuan untuk mempengaruhi jumlah serta waktu arus kas dalam rangka adaptasi dengan perubahan keadaan dan peluang.

Apakah Laporan Arus Kas Penting Untuk Sebuah Bisnis Kecil?

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah, sangat penting. Laporan keuangan terutama laporan arus kas sangat penting tak hanya bagi pemilik perusahaan tapi juga banyak pihak, seperti investor, kreditor, pengelola perusahaan serta pihak lainnya.

Bisnis skala kecil, terutama yang berbasis ritel seperti toko, minimarket, dan restoran yang teransaksi terjadi dalam frekuensi yang tinggi dan cepat, maka sangat perlu untuk membuat laporan arus kas jika tidak ingin keuangannya kacau balau. Apalagi kini sudah banyak aplikasi atau program kasir cloud yang terjangkau yang dapat memudahkan pemilik bisnis membuat laporan arus kas yang rapih dan akurat. 

Tak hanya itu, laporan arus kas sangat membantu sebuah perusahaan untuk mengetahui tindakan yang sebaiknya ditempuh untuk memaksimalkan keuntungan. Untuk itu, laporan arus kas harus dibentuk oleh ahli akuntansi dan juga orang yang terpercaya.

Nah, apakah Anda sudah memiliki sedikit bayangan mengenai laporan arus kas? Perlu diingat bahwa laporan arus kas harus benar-benar dibentuk dengan benar dan tepat. Laporan ini dapat menyangkut masa depan perusahaan, terutama jika perusahaan Anda sedang mencari investor untuk menanamkan saham.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata