IBX5B7AAC72C70DE Manfaat dan Dampak Investasi Asing di Indonesia - Serambi Bisnis

Manfaat dan Dampak Investasi Asing di Indonesia

Berinvestasi di negara Indonesia atau Investing indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan, hal ini tentu saja sangat membantu Indonesia dalam perkembangan dan pembangunan ekonomi. Berbagai macam cara juga dilakukan untuk menarik para investor, baik asing maupun dalam negeri.

Karena wilayah Indonesia cukup luas, maka tentu saja Indonesia memerlukan cukup banyak modal untuk membuat seluruh pelosok negeri bisa mendapat pembangunan infrastruktur yang cukup memadai. Apalagi negara Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga bisa saja pembangunan terhambat karena akses dan juga mobilitas.

Investasi Asing Indonesia

Kekayaan alam dan juga potensi di Indonesia cukup banyak sekali. Selain itu juga karena lokasinya yang cukup strategis membuat negara Indonesia memiliki kelebihan di pasar Internasional. Sehingga sekarang ini pemerintah juga semakin sadar akan peran dari investasi asing untuk mengembangkan Indonesia. Dengan adanya wilayah yang luas ini juga membuat investasi asing bisa mendatangkan banyak keuntungan untuk Indonesia.

Penanaman modal asing umumnya juga ada beberapa sektor, seperti pariwisata, pembangunan, transportasi, produk, dan juga tambang. Tentu saja sektor tersebut ditentukan dengan potensi dari masing - masing wilayah yang ada di Indonesia. Dengan menarik para investor asing, maka investing Indonesia juga bisa mengalami peningkatan dan bisa membantu negara Indonesia dalam membangun negara.

Karena Indonesia memiliki sifat konsumtif sedangkan ekspor Indonesia yang masih terbilang rendah, maka ini bisa menjadi alasan utama Indonesia memerlukan investor asing. Jika investor asing menanamkan modal di Indonesia dan membuat sebuah perusahaan maka diharapkan bisa menyerap tenaga kerja dari Indonesia dan untuk usaha lokal bisa memasok bahan baku yang diperlukan. Namun agar bisa menarik investor asing, maka pemerintah harus bisa menyediakan lokasi dan infrastruktur yang sesuai.

Dampak Yang Mungkin Terjadi

Meskipun ada banyak keuntungan yang akan didapatkan dari investasi asing, namun dampak negatif tentu saja mungkin bisa terjadi. Meskipun demikian tentu saja peluang terjadinya kerugian atau dampak negatif juga harus sudah dipertimbangkan dengan baik.

Beberapa kerugian yang mungkin terjadi misalnya saja adanya eksploitasi sumber daya alam atau bahan baku, hilangnya industri menengah dan bahkan kecil karena tidak kuatnya bersaing dengan perusahaan asing, dan juga adanya diskriminasi upah tenaga kerja Indonesia dan juga asing.

Tentu saja untuk mencegah terjadinya hal - hal demikian, misalnya saja pemerintah harus bisa merangkul pada industri menengah atau kecil. Tentu saja hal ini bertujuan untuk industri lokal bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan asing. Misalnya saja industri lokal menjadi salah satu pemasok bahan baku.

Dalam zaman globalisasi seperti sekarang ini, investasi asing sebaiknya tidak dipandang sebagai suatu ancaman. Justru investasi asing dapat digunakan untuk motor yang menggerakkan pembangunan di Indonesia. Seperti perkembangan investing Indonesia yang mengalami peningkatan tentu akan sangat membantu pembangunan negara Indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata