Bisnis Peternakan Yang Paling Menguntungkan

SerambiBisnis.com - Apakah Anda tertarik untuk memulai sebuah bisnis dibidang peternakan? Apakah Anda ingin tahu bisnis peternakan yang paling menguntungkan? Jika Anda memang tertarik, lanjutkanlah membaca artikel ini, karena kami akan informasikan kepada Anda peluang usaha peternakan apa saja yang bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.

Peternakan hanyalah proses pemeliharaan hewan untuk tujuan konsumsi. Tapi dalam artikel ini, kita akan melihat peluang bisnis peternakan yang tidak akan pernah mati dan sepi, karena faktanya adalah bahwa selama manusia masih ada, maka kebutuhan akan makanan hewani pun akan tetap ada.

Peternakan merupakan salah satu bisnis yang paling menguntungkan pada setiap masa. Tetapi, kebanyakan orang menghindari bisnis ini karena mereka beranggapan untuk menjalankan bisnis peternakan membutuhkan modal yang besar. Namun, jika Anda tertarik melihat peluang bisnis peternakan yang paling menguntungkan, maka di bawah ini adalah beberapa ternak yang dapat Anda kembangbiakan sehingga menjadi sumber penghasilan bagi Anda.

Bisnis Peternakan Yang Paling Menguntungkan
Bisnis Peternakan Yang Paling Menguntungkan

Berikut ini peluang bisnis peternakan yang paling menguntungkan yang bisa Anda pilih dan jadikan referensi ketika akan memutuskan beternak apa.

1. Ternak Sapi

Sapi merupakan jenis hewan yang memakan rerumputan, sapi merupakan ternak yang hingga saat ini masih sangat populer di Indonesia. Beternak sapi merupakan peluang bisnis yang sangat menarik bagi orang-orang yang mempunyai lahan kosong, karena memang beternak sapi diperlukan lahan yang cukup luas agar bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Oleh karena itu jika Anda mempunyai lahan kosong yang tidak terpakai alias menganggur maka bisa Anda coba untuk beternak sapi. Namun, jika Anda tidak mempunyai lahan yang luas, Anda pun masih bisa beternak sapi dengan cara membuat kandang, tapi usahakan jauh dari pemukiman penduduk agar tidak mengganggu mereka.

Beternak sapi itu sangat menguntungkan, dari sapi bisa kita ambil susunya, dagingnya, bahkan kulitnya. Ternak sapi akan tetap menjadi bisnis yang menguntungkan. Bagi Anda yang tertarik dalam bisnis ternak sapi ini, penting Anda kerahui bahwa ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari bisnis ini. Anda bisa memilih dan fokus untuk mengembangbiakan sapi pedaging atau memilih ternak sapi yang menghasilkan susu.


2.  Ternak Kambing

Kambing merupakan jenis hewan herbivora atau hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Usaha ternak kambing ini bisa menjadi alternatif usaha setelah ternak sapi. Usaha ternak kambing tidaklah terlalu rumit seperti halnya beternak sapi, akan tetapi keuntungan yang diperoleh tidak kalah besar dengan beternak sapi.

Beternak kambing bukan lagi menjadi bisnis baru, karena memang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Memelihara kambing merupakan bisnis yang sangat menguntungkan karena kambing memiliki tingkat kematian yang rendah sebab kambing cukup tahan terhadap penyakit dan perubahan cuaca.

3. Ternak Ayam

Beternak ayam merupakan bisnis yang bisa dilakukan kapan dan tidak membutuhkan lokasi yang luas seperti beternak sapi dan kambing. Setiap hari permintaan akan ayam terus meningkat, karena banyak orang sekarang mengurangi asupan daging merah dengan alasan masalah kesehatan.

Ayam merupakan hewan yang cepat tumbuh besar terutama ayam potong/boiler. Memulai usaha ayam boiler tidaklah membutuhkan modal yang besar. Jenis peluang usaha ini sudah banyak dilirik oleh pengusaha muda, namun tidak sedikit juga diantara mereka yang angkat kaki, mungkin karena belum tau cara mengelolanya. Bagi mereka yang mampu bertahan di bisnis ini, pada akhirnya mendapatkan kesuksesan dan keuntungan yang luar biasa. Peluang usaha ini masih terbuka luas, karena ayam ini masih terus akan dibutuhkan karena masyarakat memang banyak yang mengkonsumsinya setiap hari, begitu pula setiap restoran hotel dan tempat kuliner lainnya.

4. Ternak Bebek


Selain beternak ayam, beternak bebek juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang berminat dalam usaha peternakan unggas. Daging bebek sangat diminati oleh orang, begitu juga telurnya. Jenis bebek ada 2 jenis, ada bebek yang dipelihara khusus untuk diambil dagingnya, ada pula bebek yang khusus diambil telurnya saja. Namun, Anda juga bisa menyelam sambil minum air, yaitu memelihara bebek untuk diambil telurnya juga sekalian diambil dagingnya. Harga daging bebek pun saat ini masih relatif terhitung mahal. Jika diperhatikan, memang jarang sekali orang yang membutuhkan daging bebek. Tetapi, jika Anda sudah menggeluti bisnis peternakan bebek ini, Anda akan tau ternyata beternak bebek sangat menguntungkan.

5. Ternak Ikan Lele


Ternak ikan lele juga sangat menguntungkan, ini dapat Anda lihat dari besarnya permintaan akan ikan lele di Indonesia. Di restoran atau rumah makan biasanya selalu menyediakan menu makanan ikan lele. Ternak ikan lele ini juga menjadi andalan bagi pengusaha pemula. Karena memang usaha ini tergolong usaha yang mudah dilakukan dan murah.

Untuk bisa panen ikan lele tidak dibutuhkan waktu yang lama, kurang dari 3 bulan ikan lele sudah bisa untuk dipanen. Bahkan jika proses budidayanya dikerjakan dengan cara yang modern, waktu yang dibutuhkan untuk bisa panen akan lebih cepat.

6. Ternak Ikan Hias


Ternak ikan hias juga merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Selain minim resiko modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini pun juga relatif kecil. Pangsa pasar ikan hias ini pun juga cukup luas, bahkan banyak diperjual belikan secara online. Pembelinya pun ada yang berasal dari manca negara. Bisnis ini bisa dilakukan di rumah dan tidak memerlukan tempat yang luas. Jadi bisa Anda coba tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

7. Ternak Burung Walet

Beternak burung walet sebenarnya cukup gampang, tinggal siapkan bangunan dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti sound khusus untuk memanggil burung walet. Kemudian tinggal menunggu sampai walet berdatangan. Namun, modal untuk terjun kebisnis ternak walet ini sangat besar. Tantangan untuk memulai bisnis ini juga tidak hanya terletak dari besarnya modal, tapi juga terhadap lingkungan warga sekitar. Maka, perlu dilakukan perjanjian tertentu dengan masyarakat sekitar agar bisnis ini bisa berjalan dengan baik tanpa menimbulkan konflik.

Itulah beberapa peluang bisnis peternakan yang paling menguntungkan. Agar bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal tentunya diperlukan kerja keras dan kerja cerdas. Jalankanlah bisnis diatas dengan profesional dan jangan lupa cari mentor atau pembimbing agar bisnis yang akan Anda jalani cepat berkembang sesuai dengan harapan Anda. Selamat berbisnis, semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisnis Peternakan Yang Paling Menguntungkan"

Post a Comment